Cara Membuat Pupuk Kompos Organik Dengan Mudah

Cara Membuat Pupuk Kompos Organik Dengan Mudah - Pupuk Kompos merupakan pupuk organik yang terbuat dari bahan-bahan organik seperti jerami, dedaunan, dan kotoran hewan yang mengalami proses dekomposisi atau pelapukan terlebih dahulu. Cara Pembuatan pupuk organik sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri dirumah. langsung aja siapkan bahan bahannya.

Bahan-bahan Pupuk Organik


  1. Kotoran ternak. Sapi, kerbau, kambing dan domba (2 ton / 2000kg)
  2. Jerami yang dicacah terlebih dahulu kurang lebih 5-10 cm. (secukupnya)
  3. Arang Sekam (secukupnya), Sekam yang sudah dibakar namun tidak samapi menjadi abu. lihat proses pembuatan arang sekam
  4. Air (20 liter)
  5. EM4 (5 sendok makan)
  6. Gula pasir (5 sendok makan)
  7. Bubuk gergaji atau bisa juga dengan dedaunan dan bahan-bahan organik lainnya.
cara membuat pupuk kompos organik dengan mudah

Alat-alat yang diperlukan


  1. Sekop
  2. Cangkul
  3. Sarung tangan
  4. kaung goni

Cara Pembuatan Pupuk Kompos Organik


  1. Siapkan media pembuatan pupuk, ditempat yang sejuk tidak terkena matahari langsung dan tidak kena hujan jika terjadi hujan.
  2. Larutkan EM4 dan gula kedalam air. 
  3. Lapisan pertama, Campurkan Kotoran ternak dengan arang sekam kemudian aduk hingga merata, setelah itu taburkan dekomposer (EM4 dan gula yang sudah dilarutkan dalam air) tadi secukupnya aduk hingga merata.
  4. Lapisan Kedua Taburkan jerami, dedak, bubuk gergaji dan bahan-bahan organik lainnya hingga merata kemudian siramkan dekomoser tadi.
  5. Setelah itu tutup rapat tumpukan bahan-bahan tadi dengan rapih dengan menggunakan karung goni dan jerami.
  6. Hari Kedua aduk adonan tersebut hingga merata dan tutup kembali rapat-rapat.
  7. Lakukan monitoring setiap pagi dan sore, dengan cara memasukan tangan (dengan sarung tangan) jika tangan kita tidak kuat menahan panas adonan maka adonan belum siap dipakai. aduk setiap melakukan monitoring.
  8. Biasanya hari ke empat adonan sudah siap, cara menceknya masukan tangan anda jika bisa menahan panas adonan maka pupuk kompos organik siap dipakai. 

Demikian lah cara membuat pupuk kandang, atau pupuk kompos organik yang saya pelajari sewaktu saya penelitian pertanian organik.

10 komentar:

ginanjar saputra said...

kalau arang sekam di ganti pake arang kayu bisa ga mas,,? mohon infonya, terimakasih.

Belajar Usaha Kecil

epul katama said...

arang sekam diyakini mengandung SiO2 (52%), C (31%), K (0.3%), N (0,18%), F (0,08%), dan kalsium (0,14%). Selain itu juga mengandung unsur lain seperti Fe, K2O, MgO, CaO, MnO dan Cu dalam jumlah yang kecil serta beberapa jenis bahan organik. Dan kandungan itu juga terdapat pada kayu meskipun dengan jumlah yang lebih sedikit.

penggunaan arang sekam karena untuk mempermudah, bisa juga disiasati dengan arang bubuk gergaji (bubuk kayu hasil gergaji) itu menurut apa yang saya pelajari mas, bisa kita share2 aja dan diskusi, mungkin saja saya banyak kekurangan, terimakasih kunjungannya yah. :-)

Anonymous said...

EM 4 atau dekomposer bisa dibeli dimana mas? apakah dengan dedaunan saja dicampur dekomposer bisa jadi pupuk organik? terima kasih

ketut swastika said...

bisa gak kalo jeraminya diganti dengan tubuh pisang?

ketut swastika said...

bisa nggk kalo jeraminya diganti dengan batang pisang ? trma kasih

ketut swastika said...

bisa nggk jeraminya diganti dengan batang pisang? trmakasih

obat kuat said...

Pupuk organi Hasil tersebut, bisa tahan sampai berapa hari ?
Lebih jelasnya, pupuk tsb bisa disimpan sampai berapa lama.
obat pembesar penis

Rivandi Fadli said...

Terima Kasih ya Info nya...
Izin Copy Paste buat Tugas adek.

humairin yen said...

bos, seminggu yg lalu saya coba bikin pupuk dari kotoran ayam saya bikin 6 karung, tapi kotoran ayamnya udah kering udah kurang lebih 4 bln tersimpan. saya bikin bak setinggi 2 keping papan dn panjang 2 mtr lalu saya aduk bahannya di dlm bak tersebut menggunakan M4+gula pasir dgn lantai pelastik hitam 2x3m mulai dari lantai bawah menutup hingga keatas. nah... 2 hari kemudian begitu saya raba panasnya sudh agak terasa tapi di hri ke3 kok panasnya malah menurun hingga sekarang sudh 7 hri adem adem saja dn aromanya sangat tidak sedap/ busuk. mohon bantuannya bos,,,,dimana kesalahan pupuk saya ini dn gimana semestinya. terima kasih.

Thomas Pras said...

Salam Kenal,
Senang menemukan blog sejenis, tentang Pertanian Organik,

Jika berkenan, silahkan bekunjung dan berbagi di Blog Calon Petani. :D

http://tulisancalonpetani.blogspot.com/

 
©Pertanian Organik 2012 all reserved, theme design by Dadang Herdiana