Budidaya Sidat di Kolam dan di Terpal | Teknik Terlengkap

Komunitas Internet Marketing Terbesar di Indonesia, Nyesel Kalau Ngga gabung, gabung yuk Free Membernya (Gratis) sb1m 300x 250 baru
Budidaya Sidat di Kolam dan di Terpal | Teknik Terlengkap - Pada artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana cara budidaya ikan sidat dengan baik, dengan menggunakan media kolam ataupun media terpal.

Budidaya Sidat
Budidaya Sidat


Sebelum lebih lanjut teknik budidaya ikan sidat sebaiknya kita mengenal dulu tentang ikan sidat, menurut sumber di Internet, Ikan sidat merupakan jenis ikan yang menyerupai ular, ikan ini tergolong dalam Ordo Anguilliformes, yang terdiri atas 4 subordo, 19 famili, 110 genera, dan 400 spesies.

Pasar ikan sidat cukup menjanjikan, karena selain dibutuhkan oleh pasar nasional, ikan ini juga dibutuhkan oleh pasar internasional, banyak negara yang membutuhkan ikan sidat. sebut saja Hongkong, Cina, Taiwan dan Jepang.


 Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum budidaya ikan sidat diantaranya adalah:


  • Ikan sidat hidup dengan baik pada suhu udara 29 derajat celcius, kemudian memiliki keasaman tanah antara 7-8 Ph, dan memiliki kandungan oksigen terlarut dalam air sekitar 0,5 – 2,5 ppm. 
  • Dalam proses pemberian pakan ikan sidat membutuhkan kandungan protein yang lebih yaitu sekitar 45 persen.

Cara Budidaya Ikan Sidat di Kolam

Teknik Budidaya Ikan Sidat di kolam menjadi beberapa tahapan yang harus diperhatikan diantaranya adalah : 

Pengolahan Kolam Ikan Sidat

Pengolahan kolam ikan sidat tidak jauh berbeda dengan pengolahan ikan lainnya, seperti lele atau seperti pada pengolahan kolam ikan nila.

Kemudian yang harus diperhatikan adalah, jangan memulai memasukan benih ikan sidat sebelum kondisi air kolam bagus, berwarna hijau bening/transfaran dan tidak berbau,

Perawatan Ikan Sidat

Setelah kolam siap, masukan benih ikan kedalam kolam, tahap selanjutnya adalah perwatan ikan sidat, diantaranya dengan melakukan pemberian makanan, seperti yang sudah dijelaskan diatas, kandungan pakan ikan harus banyak mengandung unsur protein, atau lebih lengkapnya unsur yang terkadnung dalam pakan adalah Protein 45%, karbohidrat 15-18%, dan kadar lemak 20%.

Untuk memenuhi unsur tersebut bisa menggunakan pelet ikan khusus ikan sidat, kemudian berikan campuran cacahan keong, cacahan bekicot ataupun cacing.

Proses Panen Ikan Sidat

Ikan Sidat dipanen ketika usia ikan 7-8 bulan atau sebelumnya lakukan riset permintaan pasar, selain itu kategori sidat siap panen adalah ketika ikan mencapai 200-230 gram per ekor.

Budidaya Ikan Sidat di Kolam Terpal

Proses budidaya ikan sidat di kolam tanah dan di terpal tidak jauh berbeda, yang perlu diperhatikan adalah :
  • Kondisi sumber air, sirkulasi air juga dibutuhkan dalam budidaya ikan sidat, atau bisa menggunakan airator agar kadar oksigen tetap terjaga. 
  • kondisi terpal artinya terpal harus dijaga jangan sampai bocor kemudian,
  • kapasitas ikan atau jumlah ikan harus diperhatikan, jangan sampai terlalu padat



Anda menginginkan tinggi badan naik 3-15 cm? 
Kami punya solusi terbaik dengan menggunakan produk HERBAL tanpa efek samping tanpa khawatir berbahaya


Produk peninggi herbal yang terdiri dari Nutrient High Calcium Powder merupakan produk herbal yang direkomendasikan karena mengandung kalsium tinggi serta Zinc capsules bermanfaaat untuk keseimbangan metabolisme tubuh.

 peninggi badan terbaik
Post a Comment

Program Peninggi Badan

Program Peninggi Badan
Mau nambah tinggi 3-15 cm dalam 20 hari?