Makalah Pertanian Organik


makalah pertanian organik
Makalah Pertanian Organik - Berikut ini saya akan mencoba menggambarkan tentang pertanian organik, saya harapkan tulisan ini bisa membantu sahabat epulkatama dalam pembuatan makalah yang berkaitan dengan pertanian organik. 

A. Pengertian Pertanian Organik

Definisi pertanian organik adalah sistem produksi yang ada pada pertanian dengan cara terpadu, mengutamakan kesehatan dan produktivitas tanaman, dengan bertujuan untuk mendapatkan hasil produksi yang sehat, berkualitas, dan memperhatikan keseimbangan alam. Pertanian organik dalam pelaksanaannya menggunakan bahan produksi alami dan menghindari penggunaan pestisida dan pupuk kimia. Bisa dikatakan juga bahwa pertanian organik merupakan pertanian berkelanjutan yang bertujuan terhadap kelangsungan kelestarian alam.

Dalam pelaksanaannya, lahan yang digunakan untuk pertanian organik haruslah terbebas dari bahan kimia sintetis baik berupa pupuk ataupun pestisida. Agar menjadi terbebeas lahan bisa diupayakan dengan 2 cara. 

1. Membuka Lahan Pertanian Baru. 
Lahan yang belum digunakan dalam produksi pertanian sebelumnya, bisa diolah dengan terapan pertanian organik dengan tanpa menggunakan kimia berbahan aktif dalam pengolahan tanah. 

2. Lahan Intensif.
Lahan intensif adalah lahan yang diusahakan dalam konversi dari lahan pertanian anorganik menjadi lahan pertanian anorganik, masa transisi dari anorganik menjadi organik tergantung dari sejarah penggunaan lahan, pemakaian pupuk, dan jenis tanaman yang pernah ditanam di lahan tersebut. 

Penerapan pertanian organik tidak akan terlepas dari pupuk organik, pupuk organik adalah pupuk yang berasal dari bahan bahan alami dan terbebas dari bahan kimia, seperti kotoran hewan ternak, sisa tanaman, daun-daunan, dan sampah organik. 

B. Manfaat pertanian organik

Pertanian organik mempunyai beberapa manfaat, diantaranya : 

1. Kesehatan. 
Sistem pertanian organik akan menghasilkan produksi pertanian yang sehat, menurut beberapa data dari beberapa literature hasil produksi pertanian organik terdapat kandungan vitamin C, kalium dan beta karoten yang lebih tinggi dibandingkan dengan pertanian biasa. Selain itu, dari segi hasil produksi juga akan lebih meningkat hingga 75 persen. 

2. Lingkungan
Dengan menggunakan sistem pertanian juga akan menjaga kesehatan lingkungan, keseimbangan ekosistem dan kesuburan tanah karena pertanian organik tanpa mengguna menggunakan bahan kimia sintetis yang diketahui dapat mengakibatkan polusi dan berdampak buruk pada kesehatan tanaman juga kesuburan tanah. 

3. Sejarah Pertanian Organik.
Baca disini.

Post a Comment