Mesin-Mesin Dalam Produksi Padi

Mesin-mesin Dalam Produksi Padi - Dalam Proses produksi padi, saat ini tidak akan terlepas dari tekhnologi mesin, dimulai dari pengolahan tanah, hingga pada saat panen dan pasca panen, berikut ini JurnalOrganik akan memberikan sedikit gambaran tentang tekhnologi mesin produksi padi.

Mesin Traktor

Mesin ini berfungsi sebagai mesin pengolah tanah, jika dulu petani menggunakan bajak, maka saat ini mesin traktor lah yang berperan dalam pengolahan tanah. Cara kerjanya tentunya sama dengan bajak tradisional, roda yang membentuk lempengan-lempengan berfungsi seperti cangkukl yang bisa membalikan tanah, menggemburkan dan meratakannya. Penggunaan bajak sangat efektiv meskipun ada beberapa petani yang masih mempertahankan cara-cara bajak tradisonal.
mesin traktor

Mesin Penyemprot Pupuk atau Penyemprot Hama (Sprayer)

Mesin ini berfungsi sebagai penyemprot pupuk cair ataupun pestisida, kalau dulu masih menggunakan tangan manusia dengan sistem manual pompa, sekarang sudah ada yang sistem tombol. Sprayer praktis untuk penyemrotan.

sprayer

Mesin Perontok padi.

Proses pemanenan akan sangat mudah dengan mesin ini, selain mengoptimalkan hasil panen, mesin ini juga sangat efektif dan efisien, sehingga mempercepat proses pemanenan, mesin ini bekerja untuk melepaskan butir-butir padi dari tangkainya.

mesin perontok padi

Mesin Penggilingan Padi (Huller)

kalau saya, sering menyebut mesin ini dengan heleran, pabrik heleran. Fungsinya untuk menggiling padi melepaskan kulit padi atau gabah dari isinya, hasil dari penggilingan ini akan menjadi beras. dan kulitnya akan menjadi gabah atau sekam. begitu.

mesin penggiling padi

Mesin Tepung.

Mesin ini berfungsi untuk menghancurkan beras hingga halus, hasilnya akan menjadi tepung.

mesin tepung


Ya,,, segitu yang saya ketahui mesin-mesin yang bisa digunakan selama proses produksi padi dari awal hingga pasca panen. Kalau ada ada yang kurang boleh ditambahin deh.
Post a Comment