Cara Menanam Tomat Yang Tepat

Tomat merupakan jenis tanaman hortikultura yang cukup digemari dikalangan petani di Indonesia, dan saya akan menjelaskan bagaimana cara menanam tomat yang baik. Kenapa tomat menjadi salah satu tanaman yang digemari dalam hal budidaya? Diantara alsannya adalah mudah dibudidayakan dan merupaka tanaman yang singkat,

Menurut sumber di internet Tanaman tomat merupakan tanaman yang berfamily solanaceae, dan katanya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. 

Manfaat Tomat


Tomat juga merupakan salah satu tanaman yang bermanfaat karena kandungan vitaminnya sehingga cukup baik untuk kesehatan tubuh manusia, beberapa ahli juga menyebutkan bahwa tomat mengandung zat yang bisa meningkatkan pembentukan sel darah merah. Dan ada juga yang mempercai bahwa tomat bisa memerahkan bibir dan menyehatkan kulit.

Budidaya Tomat

Baiklah, saya tidak akan panjang lebar membahas prolog tentang tomat, saya akan langsung kepada bagaimana tehnik budidaya tomat yang baik, sehingga dapat menghasilkan panen yang maksimal, insya allah.

Cara Budidaya Tomat


cara_menanam_tomat.jpg

Persiapan dan Pengolahan Lahan


Berikan pupuk pada lahan yang ada dengan menggunakan pupuk organik, kemudian buatlah bedengan pada lahan, dengan ukuran lebar 100 - 150 c dan panjang 10 - 15 meter, tentunya disesuakan dengan lahan yang dimiliki. Kemudian ratakan tanah yang sudah diolah tersebut, jika dana mencukupi bisa menggunakan mulsa plastik. 

Pembibitan dan Penanaman Tomat


Sebelum ke tahap pembibitan selanjutnya, alangkah baiknya dilakukan pemilihan bibit unggul terlebih dahulu, karena rumusnya harus dipercayai bahwa dengan bibit unggul maka akan mengasilkan tanaman yang baik, Pilihlah benih yang sehat dan tahan terhadap penyakit. 

Langkah selanjutnya, adalah menyiapkan persemaian untuk benih yang dipilih. Gunakan tanah yang subur dan sudah diberi pupuk organik. Setelah bibit terlihat berukuran kira-kira 3 cm. Persiapkan untuk tahap pemindahan.

Pindahkan bibit tomat dengan hati hati, usaahakan dengan kondisi tanaman tegak lurus. Jarak tanam yang baik adalah 50 X 50 cm.

Perawatan dan Pemupukan Tanaman.


Perawatan dilakukan dengan cara penyiraman tanaman dengan dilakukan secara berkala dan kontinyu tiap 2 kali sehari, pagi dan sore hari, dengan takaran yang secukupnya atau tidak berlebihan. 

Lakukan pemupukan pada tanaman secara teratur, dengan menggunakan pupuk organik, baik pupuk organik cair yang dikocorkan kedalam tanah dekat pada tanamanan ataupun dengan pupuk PPC tambahan yang disemprotkan ke daun. Baca macam-macam pupuk organik

Jika terdapat hama yang menyerang tanaman alangkah baiknya menggunakan pestisida nabati dan ditanggulangi dengan metode terpadu.

Mungkin itulah sedikit tips menanam tomat dari epulkatama,,, salam pertanian...

0 Response to "Cara Menanam Tomat Yang Tepat "