Mesin Pencacah Rumput

mesin_pencacah_rumput

Kali ini saya akan memaparkan tentang mesin pencacah rumput, dan apa manfaat dari mesin rajang rumput tersebut. Sebagaimana yang diketahui, di zaman serba tekhnologi ini, hampir semua pekerjaan kita membutuhkan tekhnologi demikian pula halnya dalam mencacah rumput, saat ini sudah terdapat mesin yang berfungsi sebagai pemotong-pemotong rumput sehingga menjadi bagian-bagian halus dan terkecil.

Manfaat rumput yang dicacah sendiri adalah bisa digunakan sebagai bahan pupuk kompos organik ataupun sebagai bahan pakan ternak, bisa juga langsung digunkan pakan ternak sehingga memudahkan pemberian makanan hewan ternak. 

Sebagaimana sudah dijelaskan di bagian pembuatan pupuk kompos, bahwa diperlukan juga rumput atau sampah organik berupa dedaunan untuk bahan dasar pupuk, nah bisa digunakan mesin ini untuk mencacah rumput sehingga ketika pembuatan pupuk akan mudah ddalam permentasi dan penguraian, dan pupuk akan dihasilkan lebih cepat dan lebih halus lagi teksturnya, hal ini juga akan bermanfaat dalam penguraian pupuk didalam tanah.

Fungsi  Mesin Pencacah Rumput


Sedangkan untuk fungsi dari mesin ini adalah : 

1. Sebagai mesin pencacah rumput (pemotong/perajang rumput) sehingga menjadi bagian-bagian yang kecil, bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak maupun sebagai bahan pembuatan pupuk kompos organik
2. sebagai mesin pencacah dedauan, yang kemucian digunakan sebagai bahan pupuk organik.

Spesifikasi Mesin 


Dimensi mesin ini adalah 140 x 120 x 108 centi meter, 
dengan kapasitas pencacahan berkisar 200-250 kilogram perjam,
jenis mesin diesel dengan 8,5 PK
kemudian dengan body plat berjenis besi dengan ukuran 3 mm,
kerangka UNP nya adalah 6,5
sedangkan pisau pencacah terdiri dari 2 buah pisau, 
rool feedingnya juga terdapat 2 buah.

Demikian pengenalan saya terhadap mesin pencacah rumput yang temukan dari beberapa referensi di dunia maya.
Post a Comment