Cara Menanam Buah Naga

Saya akan menguraikan bagaimana cara menanam buah naga dengan baik, agar tanaman tumbuh dan menghasilkan buah yang segar sehingga dapat menjadi pilihan usahatani anda.

Dragron fruit, atau lebih dikenal dengan buah naga merupakan salah satu buah yang saat ini banyak diminati, selain mempunyai nilai yang sangat tinggi dari segi bisnis usahatani buah naga ini juga diyakini memiliki khasiat untuk kesehatan organ tubuh manusia. sebelum saya melanjutkan cara budidaya buah naga alangkah baiknya kita mengenal dulu manfaat buah naga, diantaranya:

Manfaat Buah Naga

  • Menjaga stabilitas dan fleksibilitas pembuluh darah, sehingga dapat melancarkan aliran darah
  • Menurunkan kolesterol, saat ini penyakit kolesterol memang sangat banyak menjangkit, bukan saja orang yang lanjut usia, anak mudapun sudah banyak yang kandungan kolesterolnya tinggi dalam tubuh
  • Kandungan mineral yang cukup tinggi
  • Meningkatkan kecerahan mata 
  • Mencegah kekurangan darah dan mengobati anemia
  • Menghaluskan kulit

Nah itulah diantara khasiatnya buah naga, dan masih banyak lainnya juga yang belum saya dapat uraikan. Selanjutnya saya akan bagaimana cara tanam buah naga.




Cara Budidaya Buah Naga

Persiapan dan pengolahan lahan

Dikarenakan buah naga merupakan tanaman sejenis kaktus maka buah naga cocok pada tanah dengan ketinggian 20-500 m diatas permukaan laut, dan juga lahan yang akan ditanami haruslah diolah terlebih dahulu hingga gembur dan subur. Untuk itu lakukan terlebih dahulu pemupukan dengan menggunakan pupuk dasar organik untuk merangsang mikroorganisme dalam tanah sehingga menjadikan lahan lebih subur.

Dikarenakan buah naga tidak memiliki batang yang kokoh persiapkan juga ajir atau turus untuk menopang batang yang akan tumbuh secara vertikal, sehingga batang tidak mendatar kebawah atau condong, hal ini juga tentunya akan meningkatkan produktifitas, karena dengan pemasangan ajir akan memaksimalkan penggunaan lahan yang ada.

Setelah lahan sudah siap, tanamkan bibit buah naga dengan jarak tanam sekitar 2 x 2,5 m, sebelumnya siapkan terlebih dahulu pupuk organik yang sudah dicampur dengan tanah dan masukan kepada lubang yang akan ditanami.

Tahap Pemupukan Dan Perawatan Tanaman Buah Naga

Pada tahap perawatan, siram tanaman secara rutin, setiap pagi dan sore hari dengan kadar air secukupnya, 
Selain itu lakukan juga pemupukan agar mendapakan hasil tanaman yang baik. Tahap perawatan lainnya adalah dengan melakukan pemangkasan batang primer yang tingginya sudah melebihi batas tiang yang paling tinggi




Post a Comment