Cara Menanam Bunga Mawar

Tanaman Mawar merupakan tanaman hias yang banyak digemari oleh banyak orang, khususnya kaum hawa. Keindahan mawar sehingga membuat banyak orang menanam mawar sebagai tanaman hias di halamannya dengan menggunakan pot ataupun menggunakan media lahan langsung. Namun perlu diketahui juga bunga mawar juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi jika mengetahui pasar dan target pembeli.

Cara Budidaya Mawar yang Baik dan Benar.


Ada beberapa tahapan dalam menanam mawar, diantaranya adalah:

A. Pra Tanam
  • Penentuan Media
Hal yang harus dilakukan pertamakali adalah penentuan media, bertujuan untuk apakah membudidayakan mawar, jika hanya sebatas hoby dan sebagai hiasan halaman rumah ataupun taman sebaiknya gunakan media pot atau polybag. Namun jika menginginkan profit dari budidaya bunga mawar maka siapkan lahan dan lakukan pengolahan lahan terlebih dahulu, ini bertujuan untuk memaksimalkan pendapatan sehingga tanaman bunga mawar salah satu penghasil uang.


B. Pengolahan Lahan 

Siapkan lahan, kemudian lakukan pengolahan lahan dengan membajak dengan cara mencangkul, buat bedengan dengan ukuran 100-150 cm namun dengan parit yang sederhana dan jangan terlalu dalam, setelah itu berikan pupuk dasar berupa pupuk organik ataupun pupuk kandang, aduk dengan tanah dan ratakan, setelah itu diamkan lahan selama 2-4 hari, ini bertujuan untuk menyuburkan lahan. Buat lubang dengan jarak tanam 60-60 cm, dengan ukuran lubang berdiameter 45 dengan kedalaman 45 cm. 

C. Proses tanam

Lakukan penanaman jika lahan sudah siap, jika bibit mawar berupa bibit cabutan sebaiknya lakukan tahpan-tahapan berikiut:

  1. Bongkar dan cabut tanaman pada media pembibitan dengan hati-hati,
  2. Kemudian potong sebagian akar-akar dengan gunting atau pisau yang sudah disterilkan terlebih dahulu.
  3. Lakukan pemotongan pada batang dan cabang-cabangnya dengan hati-hati,
  4. Lakukan penanaman dan pemindahan tanaman dengan hati-hati ke lahan atau media yang sudah disiapkan
  5. Kemudian padatkan lubang tanam dengan menggunakan tanah disekitarnya sehingga mawar bisa berdiri tegak, kemudian siram dengan air secukupnya. 
  6. Lakukan perawatan dengan penyiraman dan penyiangan secara teratur.
  7. Beri pupuk pelengkap organik selama masa pertumbuhan hingga tanaman siap panen.
Post a Comment