Jenis Tanaman Hias Populer di Indonesia

Tanaman hias sepertinya tidak akan meredup dari para penyukanya, keberadaan tanaman hias terus berganti, tiap tahun selalu ada yang ngetrend, awal 2000an Indonesia diramaikan dengan Anthurium, kemudian beberapa tahun kebelakang kita dikenalkan dengan Adenium dan Aglaonema. Jenis-jenis ini memang sepertinya tetap menjadi bunga hias yang ngetrend di Indonesia.

Berikut ini kami kenalkan beberapa tanaman hias yang masih populer dikalangan para pecinta bunga hias:

Jenis-jenis Tanaman Hias Yang Ngetrend Di Indonesia


Anthurium

Anthurium adalah tanaman hias dari species Araceae, yang menjadi daya tarik dari tanaman ini adalah daunnya, daunnya indah dan sangat menarik, unik juga bervariasi. Daun Anthurium berwarna hijau dan memiliki tulang daun yang kentara serta menonjol, bahkan sebagian orang mengatakan bahwa tanaman ini adalah tanaman keberuntungan.

Jenis tanaman hias anthurium
anthurium

Selain itu, anthurium adalah salah satu tanaman hias yang memiliki banyak spesies, tanaman ini juga tidak mengenal masa tanam. Asalnya, tanaman ini adalah tanaman yang menempel pada pohon besar, kemudian dikembangkan sehingga bisa ditanam di pot atau media lainnya.

Euphorbia

Euphorbia merupakan tanaman hias yang memiliki bunga menarik eksotis dan menyejukan mata, hijau daun yang dimilikinyapun menambah keindahan, kemudian tanaman ini memiliki duri-duri di hampir seluruh batangnya, cara menanam dan merawatnyapun sangat mudah, para pecinta taman dan tanaman hias pasti akan memiliki jenis tanaman yang aslinya berasal dari Madagaskar ini.

Jenis tanaman hias euphorbia
euphorbia

Bunga hias inipun memiliki berbagai jenis, variasi dan paduan warna juga bentuk besar-kecilnya bunga euphorbia menambah khasanah tanaman pada taman menjadi lebih berwarna.

Adenium

Tanaman hias jenis ini, saat ini begitu marak, Adenium atau sering disebut kamboja jepang meskipun sebenarnya adenium berasar dari afrika dan daerah-daerah gurun pasir bahkan sebaian orang menamainya sebagai desert rose atau mawar gurun.

bunga hias jenis adenium
adenium

Adenium bukanlah kamboja meskipun bunganya mirip, namun bunga hias ini memang kerabat jauh dari kamboja. Menurut Wikipedia ada beberapa perbedaan yang mendasar antara Adenium dan Kamboja diantanya:
  • Adenium berbatang besar dengan bagian bawah menyerupai umbi, namun sosok tanamannya sendiri kecil dengan daun kecil panjang. Akar adenium juga dapat membesar menyerupai umbi.
  • Plumeria berbatang kecil memanjang tanpa bentuk umbi, dengan sosok tanaman yang besar dan dapat tumbuh tinggi, dengan bentuk daun panjang dan besar.
Aglaonema

Pada dasarnya Aglaonema adalah tanaman di htan hujan tropis, yang ideal tumbuh di daerah rimbun dengan rendah sinar matahari kemudian memiliki kelembaban yang tinggi. Tanaman ini berakar serabut, kemudian memiliki daun yang menyirip. Semakin berkembangnya pecinta tanaman hias maka semakin bervariasi juga aglaonema saat ini. 

tanaman hias aglaonema
aglaonema

Aglaonema pun banyak macamnya, variasi sirif daun dan warna daun menjadikan tanaman ini sebagai alternatif adenium dan anthurium yang harganya lebih mahal, kemudian perawatan aglaonemapun lebih mudah. 

Philodendron

Philodendron termasuk keluarga Araceae, jenis tanaman hias ini mirip anthurium namun memiliku batang yang agak sedikit panjang dan unik bahkan beberapa musim ini menggeser kepopuleran Anthurium dan Aglaonema, ini dikarenakan harga tanaman hias ini lebih murah.

philodendron
philodendron

Kata Philodendron sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu philo artinya "cinta" dan dendron artinya "pohon", tanaman ini tumbuh didaerah hutan tropis dan memiliki kelembaban yang tinggi.
 
Dan masih banyak lagi jenis tanaman hias yang poluler di Indonesia, yang bisa dijadikan tanaman hias dalam pot dan mewarnai taman para pecinta tanaman hias. 
Salam Pertanian Indonesia....
Post a Comment