Vacuum Frying Untuk Bisnis Keripik Buah

Mesin Vacuum Frying adalah salah satu mesin pengolahan produksi hasil pertanian berupa buah-buahan, mesin ini digunakan untuk penggorengan buah dengan cara kerja sistem vacuum, buah kemudian digoreng sehingga menjadi keripik yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi, diantara buah yang bisa digoreng dengan menggunakan mesin ini adalah: Nanas, apel, salak, nangka, melon, pisang, jamur, wortel labu dan lain sebagainya. 

Hasil yang akan digoreng ini akan menjadi keripik buah dan bisa awet sehingga mesin ini banyak digunakan oleh pebisnis keripik buah, jadi bagi yang ingin menekuni bisnis buah atau kerpik buah maka sangat disarankan untuk membeli mesin ini dan mencari informasi harga mesin vacuum frying ini dengan harga yang murah dan terjangkau.

Vacuum Frying Untuk Bisnis Keripik Buah
mesin vacuum frying

Bagian-bagian Mesin Vacuum Frying

  1. Pompa Vacuum Water Jet: bagian ini berfungsi sebagai alat penghisap udara dalam ruang penggorengan, dan mengakibatkan tekanan udara menjadi rendah, kemudian bagian ini juga berfungsi sebagai penghisap uap air yang ada ketika proses penggorengan.
  2. Tabung Penggorengan : Berfungsi sebagai wadah atau tempat penggorengan, tabung ini disediakan keranjang penggorengan yang berfungsi untuk tempat buah.
  3. Kondensor: Bagian ini untuk melakukan proses pengembunan uap air selama terjadi proses penggorengan, dan juga berfungsi sebagai pendingin mesin.
  4. Unit Pemanas : Bagian ini berfungsi sebagai bahan pemanas, dengan menggunakan gas.
  5. Unit Pengendali Operasi: berfungsi sebagai alat pengaktifan mesin vacuum dan alat pemanas
  6. Pengaduk Penggorengan : Berfungsi untuk mengaduk buah yang digoreng, sehingga buah matang dengan merata.
  7. Spiner : Berfungsi untuk meniriskan kandungan minyak pada buah yang digoreng.

Cara Kerja Mesin Vacuum Frying

  • Sebelum menggunakan mesin ini, terlebih dahulu buah diiris atau disesuaikan ukuran yang diinginkin, kemudian masukan minyak goreng secukupnya (sebaiknya dengan ukuran yang sedang/tidak terlalu banyak), pemanasan sebaiknya disetting dengan ukuran suhu rendah yaitu antara 80-85 derajat cecius, Gunakan bahan bakar Gas/LPG kemudian untuk mengefisienkan waktu sebaiknya lakukan penyedotan kandungan air dengan metode vacuum yang sudah ada pada mesin, dan cara ini biasanya menggunakan tenaga listrik
  • Penggorengan dengan metode ini buah tidak akan hilang kandungan nutrisinya dan warna tidak akan memudar dan akan menghasilkan keripik buah yang renyah dan enak rasanya.
  • Pengaturan suhu sudah disediakan di perangkat mesin, sehingga bisa diatur suhu yang diinginkan, jika membutuhkan penggorengan dengan suhu yang lebih tinggi maka tingkatkan pengaturan suhu ke derajat yang lebih tinggi.
Demikian informasi mesin-mesin produksi pertanaian, khususnya yang berkaitan dengan produksi keripik buah, semoga bermanfaat, salam pertanian,,,, :-)

0 Response to "Vacuum Frying Untuk Bisnis Keripik Buah"