Cara Menanam Lidah Buaya Dengan Praktis

Cara Menanam Lidah Buaya -  Lidah buaya merupakan tanaman hias yang banyak manfaatnya, selain sebagai tanaman obat, untuk mengobati luka, sebagai makanan untuk diet dan detoksifikasi lidah buaya juga bermanfaat sebagai kecantikan, untuk menghaluskan kulit, mengurangi jerawat dan bermanfaat untuk menghitamkan dan menebalkan rambut. Lidah buaya banyak ditanam sebagai tanaman hias di halaman rumah, biasanya menggunakan pot. Cara menanamnya juga sangat mudah sekali, tidak dibutuhkan keahlian khusus dan perawatan lidah buaya juga sangat mudah.

cara menanam lidah buaya
Menanam Lidah Buaya

Cara Budidaya Lidah Buaya


Persiapan bibit lidah buaya.

Bibit lidah buaya didapat dari tunas lidah buaya yang sudah berumur, bisa juga dengan menggunakan biji yang bisa dibeli di toko benih, bisa juga dengan memotong bagian dari lidah buaya, berikut ini tahapan penanamannya. 

Sebelumnya siapkan terlebih dahulu media tanam berupa pot atau polybag, bisa juga langsung ditanam di tanah, namun alangkah baiknya menggunakan pot. Lubangi terlebih dahulu pot yang akan digunakan agar air tidak menggenang dalam pot, lakukan pengolahan tanah dengan sederhana dengan mencampur tanah dengan pupuk kandang atau pupuk kompos, tambah juga dengan batu kerikil dengan komposisi 1;1;1 masukan tanah tersebut kedalam pot namun jangan terlalu penuh.

Masukan bibit/tunas kedalam tanah yang dilubangi terlebih dahulu, kemudian jika menggunakan lidah buaya yang dipotong maka kuburlah setengah lidah buaya, rentang waktu dari tanaman lidah buaya biasanya lebih lama dibandingkan dengan menggunakan biji lidah buaya. 

Cara Merawat Lidah Buaya

Lakukan perawatan dengan menyiramnya setiap hari, namun yang perlu diperhatikan adalah proses penyiraman jangan sampai terlalu banyak dan air hingga menggenang, ini akan mengakibatkan tanaman menjadi busuk. Lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk organik atau pupuk kompos, kemudian lakukan penyiangan jika tumbuh rumput atau tanaman liar disekitar lidah buaya. Demikianlah proses tanam lidah buaya

0 Response to "Cara Menanam Lidah Buaya Dengan Praktis"