Cara Memelihara Dan Beternak Kenari Dengan Baik

Cara Memelihara dan Beternak Burung Kenari Dengan Baik - Burung kenari atau dengan bahasa latinnya (Serinus Canaria) merupakan burung yang berasal dari kepulauan canari, burung ini memiliki kelebihan pada suaranya yang merdu dan keindahan bulunya. Kenari datang ke Indonesia sewaktu jaman penjajahan belanda, kemudian kenari dikembang biakan sehiangga burung ini menjadi beragam dan banyak ditemukan di Indonesia. Lihat Jenis Kenari Populer

Cara Memelihara Dan Beternak Kenari Dengan Baik
Cara Memelihara Dan Beternak Kenari 

Karakteristik burung kenari 

  • Mudah dijinakan
Pada dasarnya, burung ini mudah jinak, menjinakan burung ini tidak sesulit yang dibayangkan, ketika burung ini sering dilatih oleh pemilinya, maka burung ini akan cepat mengenalnya sehingga akan memudahkan pemiliknya untuk menangkap burung ini, hanya dengan siulan saja maka burung ini akan cepat dijinakan. 


  • Burung Petarung

Burung ini sangat mudah untuk dijadikan petarung, ketika disatukan dengan burung lain yang bersuara gacor maka burung ini akan segera mengikuti suaranya dengan tak kalah nyaring dan merdunya. 


  • Tidak mudah stres

Biasanya jika burung lain dipindahkan ke suatu tempat atau mendengar suara yang bising dan asing maka burung akan cepat stres namun tidak dengan kenari, burung ini sangat kuat menghadapi hal-hal yang baru dan asing. 


  • Mudah beradaptasi

Burung ini sangat mudah untuk beradaptasi, sehingga ketika dipindahkan ke lingkunagn baru maka burung ini akan cepat beradaptasi dan kemudian bisa dilatih dengan sesegara mungkin.

Jenis-jenis Kenari

Ada beberapa jenis kenari  yang populer di Indonesia, diantaranya adalah : Kenari norwich, Kenari Gloster, Kenari roller, Kenari Yorkshire, Kenari Cinnamon, Kenari Border dan masih banyak lagi jenis yang lain, bisa baca di Burung Kenari Populer di Indonesia

Harga Burung Kenari

Harga burung ini banyak varian, kisaran harganya antara Rp. 200.000 hingga ada yang berharga sampai 10.000.000, seperti untuk lebih jelas lihat daftar harga burung kenari tahun 2014 dibawah ini. 

daftar harga burung kenari
daftar harga burung kenari
sumber: http://merawat-burung.blogspot.com/

Cara Memelihara Kenari

Cara Merawat Kenari atau memeliharanya sangat mudah, ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam merawatnya diantaranya adalah:

Makanan

  • Memberikan makanan berupa campuran biji-bijian atau canary seed di toko pakan burung.
  • Berikan juga makanan berupa sayuran atau buah-buahan
  • Kroto juga sangat bagus untuk perkembangan burung kenari

Perawatan Burung Kenari
  • Letakan burung di tempat terbuka dengan aliran udara yang cukup.
  • Pagi hari mandikan burung dengan spray
  • Pada pagi hari hingga jam 9 pagi, letakan burung di tempat yang cukup angin (diangin-anginkan)
  • Jam 9 burung tempat yang cukup sinar matahari
Cara Budidaya Kenari

Beternak Kenari sangat mudah, jika sudah terbiasa dengan memelihara burung kenari maka budidaya juga tidak jauh berbeda namun yang perlu diperhatikan adalah: Proses budidaya bisa dilakukan dari kenari anakan atau mengembangbiakan kenari

0 Response to "Cara Memelihara Dan Beternak Kenari Dengan Baik"