Cara Budidaya Jangkrik Untuk Pemula Dengan Mudah

Komunitas Internet Marketing Terbesar di Indonesia, Nyesel Kalau Ngga gabung, gabung yuk Free Membernya (Gratis) sb1m 300x 250 baru
Cara Budidaya Jangkrik Untuk Pemula - Usaha budidaya jangkrik masih sangat diminati, permintaan jangkrik terus berkembang, banyak manfaat dari jangkrik, jangkrik digunakan sebagai pakan ikan dan juga pakan burung hias, sementara penyuka burung hias semakin berkembang dan banyak.

Cara Budidaya Jangkrik Untuk Pemula
Cara Budidaya Jangkrik
Peluang usaha budidaya jangkrik sangat mudah dilakukan, hanya dengan beberapa alat sederhana dan persiapan yang sederhana maka budidaya jangrik bisa langsung dilaksanakan.

Cara Beternak Jangkrik Dengan Mudah


Sebelum kita melakukan budidaya jangkrik tentunya ada beberapa hal yang perlu disiapkan.

  • Tahap Persiapan Kandang : Cara Membuat Kandang Jangkrik


Kandang jangkrik terbuat dari kayu yang dibentuk kotak persegi panjang. untuk tahap pembuatannya siapkan dulu beberapa perangkatnya diantaranya adalah:

  • Triplek 250 x 110 2 lembar
  • Kayu Kaso untuk rangka dan kaki-kaki
  • Lakban
  • Paku atau bisa menggunakan skrup
  • Ram Kawat menghindari hewan predator masuk ke kandang
Buatlah kandang jangkrik berbentuk kotak memanjang dengan memberikan kaki-kaki, kemudian buat penutup dengan menggunakan ram kawat, dengan ukuran tinggi 25-55 cm, lebar 50-100 cm dan panjang 110-200 cm, lapisi permukaan kandang dengan menggunakan lakban, kemudian kaki kaki diberi tatakan yang diisi air. Pembuatan kandang untuk lebih detail lihat gambar.

Sebaiknya membuat 2 kandang jangkrik, kandang pertama untuk pembibitan dan kandang yang lain untuk pembesaran jangkrik. 

cara membuat kandang jangkrik
cara membuat kandang jangkrik

  • Proses Pembibitan Jangkrik

Dalam melakukan pembibitan ada beberapa catatan yang penting, diantaranya adalah:


  1. Bibit jangkrik yang bagus sebaiknya bibit yang dari alam, dengan melakukan perburuan jangrik alam dan kemudian menyeleksinya, hal ini dikarenakan bibit dari alam lebih bagus, sehat dan gesit.
  2. Pilihlah bubut yang sehat dan lengkap, artinya bibit yang lengkap dan berukuran panjang sungutnya atau antenanya, kakikakinya dan sayapnya.
  3. Pada proses perkawinan sebaiknya memberikan makan berupa makanan yang mengandung protein seperti bekatul jagung, bubuk ikan, telur bebek dan lain sebagainya.
  4. Berikan juga vitamin buat jangkrik, bisa dibeli di toko pertanian atau peternakan.
  5. Jangkrik akan bertelur pada pasir-pasir, jadi sebaiknya berikan gundukan pasir-pasir pada kandang yang dikhususkan untuk pembibitan.
  6. Telur akan menetas dalam waktu kurang lebih 4-6 hari, setelah menetas, lakukan pemisahan atau penyortiran, pisahkan anakan jangkrik pada kandang yang lain.

  • Proses Pemeliharaan Jangkrik

Pemeliharaan jangkrik bisa dikatakan relatif mudah, hanya intens pada pengontrolan dan pemberian makanan jangkrik. Hal lain yang harus dilakukan adalah membuat kandang layaknya seperti pada habitatnya, yaitu dengan cara memasukan dedaunan, lebih baik menggunakan klit batang pisang, atau bisa menggunakan bekas wadah telur.

Pemberian makanan yang mengandung protein juga sangat penting, ini mengatasi terjadinya kanibalisme pada jangkrik, sehingga jangkrik anakan tidak dimakan oleh jangkrik yang lebih besar.

Anda menginginkan tinggi badan naik 3-15 cm? 
Kami punya solusi terbaik dengan menggunakan produk HERBAL tanpa efek samping tanpa khawatir berbahaya


Produk peninggi herbal yang terdiri dari Nutrient High Calcium Powder merupakan produk herbal yang direkomendasikan karena mengandung kalsium tinggi serta Zinc capsules bermanfaaat untuk keseimbangan metabolisme tubuh.

 peninggi badan terbaik
Post a Comment

Program Peninggi Badan

Program Peninggi Badan
Mau nambah tinggi 3-15 cm dalam 20 hari?